1.
Kelebihan dan Kekurangan Tes Tertulis
Ø Kelebihan Tes
tertulis
1. Dapat mengukur
kemampuan sejumlah siswa dalam tempat yang terpisah dan dalam waktu yang sama.
2. Dalam tes
tulis, peserta didik relatif memiliki kebebasan untuk menjawab soal, Sehingga secara psikologi
peserta didik lebih bebas dan tidak terikat.
3. Pada tes tertulis, karena soalnya
sama maka obyektifitas hasil penilaian lebih dapat dipertanggung jawabkan dari
pada tes lisan ataupun tes tindakan.
Ø Kekurangan Tes
Tulis
1. Belum tentu
cocok mengukur psikomotorik dan mengukur ranah afektif pada tingkat
karakteristik.
2. Hasil dari tes tulis sedikit agak
diragukan karena peserta dapat melakukan kucurangan dalam mengerjakan.
3. Apabil tidak menggunakan bahasa yang
tegas dan lugas dapat mengandung pengertian ganda, sehingga berakibat data yang
masuk salah.
2.
Kelebihan dan kekurangan Tes
Perbuatan/Tindakan.
Ø Kelebihan Tes Perbuatan/Tindakan
1. Cocok digunakan untuk mengukur aspek
perilaku psikomotor.
2. Dapat digunakan untuk mengecek
kesesuaian antar pengetahuan, teori, dan keterampilan mempraktekannya.
3. Tidak ada kesempatan untuk menyontek.
Ø Kelemahan Tes Perbuatan/Tindakan
1.
Lebih sulit dalam mengadakan pengukuran.
2. Memerlukan biaya yang relative besar.
3. Memerlukan waktu yang relative.
3.
Kelebihan dan Kekurangan Pemberian Tugas
Ø Kelebihan Pemberian Tugas
1. Dapat memupuk rasa percaya diri sendiri
2. Dapat membina kebiasaan siswa untuk
mencari, mengolah menginformasikan dan dan mengkomunikasikan sendiri.
3. Dapat mendorong belajar, sehingga tidak
cepat bosan
4. Dapat membina tanggung jawab dan
disiplin siswa
5. Dapat mengembangkan kreativitas siswa
6. Dapat mengembangkan pola berfikir dan
ketrampilan anak.
Ø Kekurangan Pemberian Tugas
1. Tugas tersebut sulit dikontrol guru
kemungkinan tugas itu dikerjakan oleh orang lain yang lebih ahli dari siswa.
2. Sulit untuk dapat memenuhi pemberian
tugas
3. Pemberian tugas terlalu sering dan
banyak, akan dapat menimbulkan keluhan siswa,
4. Dapat menurunkan minat belajar siswa
kalau tugas terlalu sulit
5. Pemberian tugas yangmonoton dapat
menimbulkan kebosanan siswa apabila terlalu sering.
6. Khusus tugas kelompok juga sulit untuk
dinilai siapa yang aktif.
4. Kelebihan dan Kekurangan Penilaian Proyek
Ø
Kelebihan
Penilaian Proyek
1.
Dapat memperluas pemikiran anak didik yang berguna dalam
menghdapi masalah kehidupan.
2.
Dapat membina anak didik dengan kebiasaan menerapkan
pengetahuan sikap, dan keterampilan dalam kehidupan sehari- hari secara
terpadu.
3.
Metode ini sesuai dengan prinsip-prinsip didaktik modern
yang dalam pengajaran perlu
diperhatikan: a) kemampuan individual siswa dan kerja sama dalam kelompok, b)
Bahan pelajaran tidak terlepas dari kehidupan nyata sehari-hari yang penuh
dengan masalah, c) Pengembangan aktivitas,
kreativitas dan pengalaman siswa banyakdilakukan, d) Agar teori dan praktek,
sekolah dan kehidupan masyarakat menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan.
Ø
Kekurangan Penilaian Proyek
1.
kurikulum yang berlaku di Indonesia saat ini, baik secara verticalmaupun
horizontal, belum menunjang pelaksanaan metode ini.
2.
pemilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan siswa, cukup
fasilitas dan sumber-sumer belajar yang diperlukan, bukanlah merupakan
pekerjaan sehari- hari,
3.
bahan pelajaran sering menjadi luar sehungga dapat
mengaburkanpokok unit yang dibahas.
5.
Kelebihan
dan Kekurangan Penilaian Produk
Ø Kelebihan Penilaian produk
1. Mengetahui
kemampuan siswa dalam mengembangkan dan
mendesain produk
2. Mengetahui
kemampuan siswa menyeleksi dan menggunakan bahan, alat dan teknik
Ø Kekurangan Penilaian Produk
1. Membutuhkan
biaya yang sangat besar
2. Membutuhkan
waktu yang lama
3. Siswa
sulit dalam memenuhi tuntutan
6.
Kelebihan
dan Kekurangan Penilaian Sikap
Ø Kelebihan Penilaian Sikap
1. Dapat menumbuhkan rasa percaya diri peserta
didik, karena mereka diberi kepercayaan untuk menilai dirinya sendiri
2. Peserta didik menyadari kekuatan dan
kelemahan dirinya, karena ketika mereka melakukan penilaian, harus melakukan
introspeksi terhadap kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya
3. Dapat mendorong, membiasakan, dan
melatih peserta didik untuk berbuat jujur, karena mereka dituntut untuk jujur
dan objektif dalam melakukan penilaian.
Ø Kekurangan Penilaian Sikap
1. Kurang mencerminkan kemampuan siswa
2. Mendorong siswa untuk merekayasa
sikapnya
7.
Kelebihan
Penilaian Portofolio
Ø Kelebihan Penilaian Portofolio
1.
Penilaian portofolio dapat menilai kemampuan siswa
secara menyeluruh.
2.
Portofolio dapat merupakan catatan penilaian yang sesuai
dengan program pembelajaran yang baik
3.
Portofolio merupakan catatan jangka panjang tentang kemajuan
siswa.
4.
Penggunaan portofolio memberikan kesempatan kepada siswa
untuk menunjukkan keunggulan dirinya, bukan kekurangan atau kesalahannya dalam
mengerjakan soal atau tugas.
5.
Penilaian portofolio dapat menjamin akuntabilitas
6.
Penilaian portofolio merupakan penilaian yang bersifat
individual.
7.
Penilaian portofolio merupakan penilaian yang terbuka
8.
Penilaian portofolio bersifat self evaluation
Ø Kelemahan Penilaina Portofolio
1.
Memerlukan waktu dan kerja keras
2.
Penilaian portofolio memerlukan perubahan cara pandang
3.
Penilaian portofolio memerlukan perubahan gaya belajar
mantap buguru
BalasHapustrima kasih.... smoga bermanfaat
BalasHapus